Kamis, 19 Oktober 2017

konsep dasar manajemen bisnis



KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan Rahmat-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas makalah dengan tema “Konsep Dasar Manajemen”.
Makalah ini berisikan tentang Pengertian dasar-dasar manajemen. Ketika istilah manajemen banyak diadopsi oleh pihak dalam berbagai bidang kehidupan, orang dengan mudah menganggap bahwa manajemen merupakan suatu konsep yang sangat sederhana. Akhirnya, orang dengan mudah merangkai  kata manajemen dengan permasalahan yang harus di pecahkan. Diharapkan makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua tentang konsep dasar manajemen.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak Terutama kelompok kami yang telah bekerja untuk menyusun makalah konsep dasar manajemen dari awal sampai akhir, yang tersusun dengan lancar.





DAFTAR ISI
 5




BAB I

PENDAHULUAN

1.         Latar Belakang

Setiap organisasi perlu melakukan suatu perencanaan dalam setap kegiatan organisasinya, baik erencanaan produksi, perencanaan rekrutmen karyawan baru, program penjualan produk baru, maupun perencanaan anggarannya. Perencanaan (planning) merupakan proses dasar bagi organisasi untuk memilih sasaran dan menetapkan bagaimana cara mencapainya. Oleh karena itu, perusahaan harus menetapkan tujuan dan sasaran yang hendak dicapai sebelum melakukan prosesproses perencanaan.
Perencanaan diperlukan dan terjadi dalam berbagai bentuk organisasi, sebab perencanaan ini merupakan proses dasar manajemen di dalam mengambil suatu keputusan dan tindakan. Perencanaan diperlukan dalam jenis kegiatan baik itu kegiatan oranisasi, perusahaan maupun kegiatan di masyarakat, dan perencanaan ada dalam setiap fungsi-fungsi manajemen, karena fungsi-fungsi tersebut hanya dapat melaksanakan keputusan-keputusan yang telah ditetapkan dalam perencanaan.
Perencanaan merupakan tahapan paling penting dari suatu fungsi manajemen, terutma dalam menghadapi lingkungan eksternal yangberubah dinamis. Dalam era globalisasi ini, perencanaan harus lebih mengandalkan prosedur yang rasional dan sistematis dan bukan hanya pada intuisi dan firasat (dugaan).
Dalam manajemen, perencanaan adalah proses mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan tak akan dapat berjalan.

Rumusan masalah

1.      Apa yang dimaksud  dengan  Manajemen?
2.      Apa pentingnya tujuan dalam manajemen
3.      Apa saja fungsi manajemen



BAB II

PEMBAHASAN

 

BAGIAN I: PERKENALAN DENGAN KONSEP MANAJEMEN

 KONSEP DASAR MANAJEMEN BISNIS

Organisasi dan Manajemen

Pendahuluan: Manajemen dalam Organisasi
Organisasi adalah sekelompok orang yang bekerjasama dalam struktur dan koordinasi tertentu dalam mencapai serangkaian tujuan tertentu (Menurut Griffin, 2002)
Bentuk-bentuk organisasi berdasarkan tujuannya antara lain :
a.       Organisasi Politik : Tujuannya untuk meraih kursi kekuasaan sebanyak-banyaknya agar  perannya sebagai pembawa aspirasi rakyat dapat diwujudkan secara optimal.
b.      Organisasi Sosial : Tujuannya untuk menjawab aspirasi rakyat melalui kegiatan tertentu yang secara nyata dapat dirasakan oleh masyarakat.
c.       Organisasi Bisnis : Tujuannya untuk memperoleh profit dalam kegiatan bisnisnya.
Dalam menjalankan suatu organisasi diperlukan beberapa sumber daya yaitu :
a.       Sumber daya manusia
b.      Sumber daya alam
c.       Sumber daya modal
d.      Sumber daya informasi
Untuk dapat mengelola seluruh sumber daya tersebut dengan baik dan mencapai tujuan yang diharapkan maka diperlukan suatu sistem pengelolaan yang disebut “Manajemen”.

Pengertian Manajemen

Pendapat dari beberapa ahli Manajemen :
a.       Mary Parker Follet (1997), Manajemen adalah seni dalam menyelesaikan sesuatu melalui orang lain.

b.      Nickelsdan McHugh (1997), Manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian orang-orang serta sumber daya organisasi lainnya.

Peran Manajemen dalam Organisasi

Manajemen memiliki peran penting dalam organisasi karena diperlukan untuk mengelola, menjalankan dan mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Menurut Peter F. Drucker, Efektif  artinya “mengerjakan pekerjaan dengan benar” adapun Efisien artinya “mengerjakan pekerjaan dengan benar”.

Manajemen Secara Fungsional dan Operasional

Fungsi-fungsi manajemen, sebagaimana diterangkan oleh Nickels, McHug and McHugh (1997), terdiri dari 4 (empat) fungsi, yaitu:
a.   Perencanaan (Planning) :
Proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi.
  1. Pengorganisasian (Organizing) :
Proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan bisa memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi bisa bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi.
  1. Pengimplementasian (Directing) :
Proses implementasi program agar bisa dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan penuh kesadaran dan produktivitas yang tinggi.
  1. Pengendalian dan Pengawasan (Controlling):
Proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan bisa berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi.
Gambar 1&2 Hal.9&10 (buku pengantar manajemen)

Kegiatan-Kegiatan dalam Fungsi Manajemen

Kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam fungsi-fungsi manajemen menurut Nickels, McHugh and McHugh: 
a.  Fungsi Perencanaan (Planning)
  • Menetapkan tujuan dan target bisnis
  • Merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis tersebut
  • Menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan Menetapkan standar/indicator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis.
b. Fungsi Pengorganisasian (Organizing)
  • Mengalokasikan sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas dan menetapkan prosedur yang diperlukan.
  • Menetapkan struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggung jawab.
  • Kegiatan perekrutan, penyeleksian, pelatihan dan pengembangan sumber manusia/tenaga kerja
  • Kegiatan penempatan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat. 

c. Fungsi Pengimplementasian (Directing)
  • Mengimplementasikan proses kepemimpinan, pembibingan dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan.
  • Memberikan tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan menjelaskan kebijakan yang ditetapkan 
d. Fungsi Pengawasan (Controlling)
  • Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan
  • Mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan
  • Melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target bisnis
Gambar 3 Hal.13 (buku pengantar manajemen)

Fungsi Operasional dari Manajemen

a. Manajemen Sumber Daya Manusia
Penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk memperoleh sumber daya manausia yang terbaik bagi bisnis yang kita jalankan dan bagaimana sumber daya manusia terbaik tersebut dapat dipelihara dan tetap bekerja bersama kita dengan kualitas pekerjaan yang senantiasa konstan ataupun bertambah. 
b. Manajemen Produksi
Penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan standar yang ditetapkan berdasarkan keinginan konsumen, dengsn teknik produksi yang seefisien mungkin. 
c. Manajemen Pemasaran
Kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk mengidentifikasi apa sesungguhnya yang dibutuhkan oleh konsumen dan bagaimana cara pemenuhannya dapat diwujudkan. 
d. Manajemen Keuangan
Kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk memastikan bahwa kegiatan bisnis yang dilakukan mampu mencapai tujuannya secara ekonomis, yaitu diukur berdasarkan profit. 
e. Manajemen Informasi
Kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha memastikan bahwa bisinis yang dijalankan tetap mampu untuk terus bertahan dalam jangka panjang.



BAB III

Kesimpulan

  •   Kegiatan bisnis yang terorganisasi memerlukan manajemen agar tujuan dari organisasi bisnis dapat tercapai secara efektif dan efisien.
  • ü  Manajemen adalah seni atau proses menyelesaikan sesuatu dalam rangka pencapaian tujuan. Pada pelaksanaanya, proses ini terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pengimplementasian, pengendalian dan pengawasan yang juga dinamakan proses fungsional dalam manajemen.
  • ü  Manajemen secara operasional terdiri dari manajemen sumber daya manusia, manajemen produksi, manajemen pemasaran dan manjemen keuangan.
  • ü  Organisasi memiliki beberapa sumber daya, antara lain sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya modal, dan sumber daya informasi. Agar tujuan organisasi dapat tercapai maka diperlukan suatu sistem kelola yang disebut Manajemen sehingga seluruh sumber daya dapat berfungsi secara efektif dan efisien, serta mampu memberikan hasil dan manfaat yang maksimal bagi organisasi
 Manajemen terbagi atas 2 (dua) bagian, yaitu :
  1. Manajemen secara Fungsional
  2. Manajemen secara Operasioanl
 Manajemen secara Fungsional, terdiri atas :
  1. Perencanaan (Planning)
  2. Pengorganisasian (Organizing)
  3. Pengimplementasian (Directing)
  4. Pengawasan (Controlling)
 Manajemen secara Operasioanl, terdiri atas :
  1. Manajemen Sumber Daya Manusia
  2. Manajemen Produksi
  3. Manajemen Pemasaran
  4. Manajemen Keuangan
  5. Manajemen Informasi

Saran

Bagi mahasiswa, makalah ini penting untuk dibaca karena jika nanti kita bekerja di sebuah perusahaan atau pendidikan pasti akan menghadapi masalah tidak berjalannya program kerja secara baik. Bagi dosen, makalah ini penting sebagai bahan untuk penyampaian materi mengenai pengantar manajemen. Bagi penulis  selanjutnya diharapkan bisa membuat makalah tentang materi ini  lebih baik lagi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEKUASAAN, KEWENANGAN, TANGGUNG JAWAB & DELEGASI (pengantar manajemen)

KATA PENGANTAR Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas...